Jumat, 02 Mei 2014

[TUTORIAL] make a tin cover

haloooooo
kali ini saya mau berbagi tutorial yang super simpel sekali untuk menghias kaleng kaleng atau botol bekas supaya jadi tempat yang berguna dan cantik tampilannya :). sebenernya dapat ide ini karena hobi saya yang suka beli kentang kalengan. kalo dipikir pikir kalengnya lucu juga yah buat dijadiin tempat pensil, dari pada dibuang malah cuma menambah limbah saja :3. nah, dengan kain kain perca yang bener bener sisa sebenernya :D, muncullah ide buat membungkus kaleng kaleng bekas ini dengan kain kain perca :)

nah, gimana cara bikinnya? superrrrr guampang. pertama, siapkan dulu kaleng bekasnya.
saya pake kaleng bekas kripik kentang yang sudah dibersihkan sebelumnya. cukup dielap elap pake lap basah aja yang lalu dikeringkan, karena kalo dicuci basah nanti mlenyok kalengnya :D



setelah itu, siapkan peralatannya. untuk tutorial ini kita pake mesin jahit ya, tapi kalo mau jahit tangan juga bisa, nanti pakai tusuk tikam jejak ya :). lalu siapkan pula velko (perekat) dan kain ukuran... ukurannyaaaa.... disesuaikan sama kalengnya saja yah :D. jangan lupa tambahkan 2cm dari ukuran kaleng untuk dijahit nantinya (lupa foto bagian ini, maafkan yaaaa :D)
lalu setelah kain dipotong sesuai ukuran, tekuk ujungnya lalu mulai jahit pinggirannya (enggak dipoto lagi, lupaaaa -,-)
setelah semua bagian dijahit, tempelkan velcro disisi kanan dan kiri kain. nah untuk velcronya, 1 bagian menghadap kain yang atas, 1 bagian lagi menghadap kain yang dalam ya :)


setelah itu, tinggal tempel deh dikalengnya :D




gampang banget kan yaaaaa :D. tapi walaupun gampang, kaleng bekasnya jadi cantik kan :).
selain menggunakan kaleng bekas kripik kentang. kamu juga bisa gunakan botol aqua juga loh, tinggal dipotong bagian tengahnya sesuai ukuran yang kamu pengen :). jadi gak perlu lagi beli beli tempat stationary lagi, udah punya yang lucu ini juga :)



1 komentar:

  1. Mb cari kain2 lucu gini dimana ya skitar jogja atw solo. Saya nyari2 di jogja gag nemu :'(

    BalasHapus